Slovenia – Croatia, Touring Motor, Jelajah 15 Negara Balkan Dalam 35 Hari 1


Salam Bikers,

Kembali saya bercerita kisah perjalanan Touring Motor “Jelajah 15 Negara Balkan Dalam 35 Hari”. Cerita sebelumnya yaitu perjalanan Austria – Slovenia yang bisa Anda baca disini. Kali ini perjalanan kami lanjutkan dari Slovenia menuju Croatia.

Seperti biasa sebelum melakukan start touring, kami berkumpul untuk briefing dan berdoa agar perjalanan kami tidak ada hambatan. Jam 9 pagi berangkat menuju Croatia. Perjalanan kali ini menjadi 3 tahap, pertama kami menuju ke Plitvicka Jezera. Disana terdapat sebuah danau yang bernama Danau Plitvice. Danau ini adalah taman nasional yang merupakan kebanggaan Croatia dan merupakan Unesco Heritage. Luasnya 2,934 hektar dan didalamnya ada 16 danau berjenjang sehingga terbentuk banyak sekali air terjun. Apabila matahari bersinar, terbentuk banyak pelagic, sehingga pemandangan tampak indah sekali. Tetapi pada tour kali ini, kami tidak menuju ke air terjun karena untuk mencapai kesana kita harus hiking jadi seragamnya sudah bukan naik motor. Berikut foto-foto saya dulu waktu ke air terjun pada tour sebelumnya.

Dari Plitvicka Jezera, perjalanan kami lanjutkan ke Split, jaraknya sekitar 300 km, karena kami tidak melalui Highway tetapi jalan pedesaan. Kemudian dari Split, kami menjutu ke Dubrovnik. Dubrovnik adalah tempat wisata terkemuka di Croatia. Dubrovnik merupakan kota benteng yang paling indah di dunia menurut “the top ten” dan juga merupakan Unesco World Heritage. Waktu kami kesana pengunjung luar biasanya banyaknya, padahal bukan hari libur. Memang kotanya indah, dengan jalanan masih terbuat dari batu marmer pada abad pertengahan, tempatnya juga bersih dan banyak sekali toko dan warung makan kecil. Begitu ramainya layaknya pasar malam. Menurut perkiraan, ada sekitar 15.000 pengunjung di hari itu dan estimate setiap pelancong paling tidak menghabiskkan 100 euro.

Setelah puas kami berjalan-jalan, perjalanan kami akhiri dengan menginap di Hotel Hilton Imperial. Hotel ini dulunya adalah hotel imperial yang didirikan pada tahun 1897 yang merupakan awal dari turisme di Croatia. Sisi cerita Swedish juga ada, Dubrovnik pernah diserbu oleh tentara Young Army Yugoslavia pecahan dari Serbia dan Montenegro, diduduki selama 7 bulan, dan tentara ini baru mundur setelah terkena sanksi dari PBB dan semua angora PBB melakukan embargo. Ada foto benteng rusak jadi Pringles dan tertempel poster “lets forget”.

Itulah cerita perjalanan di Croatia, nantikan cerita kami untuk perjalanan Croatia – Bosnia. Terimakasih telah berkunjung di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar Anda.

Salam,
Alexander Lunardi


Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Satu pemikiran di “Slovenia – Croatia, Touring Motor, Jelajah 15 Negara Balkan Dalam 35 Hari