Croatia – Bosnia – Montenegro – Albania – Greece, Touring Motor, Jelajah 15 Negara Balkan Dalam 35 Hari


Salam Bikers,

Perjalanan Touring Motor “Jelajah 15 Negara Balkan Dalam 35 Hari” sudah masuk di hari ke 15. Saat ini saya berada di Thassos, Greece. Pada artikel kali ini saya ingin berbagi cerita perjalanan dari Croatia menuju Bosnia, Montenegro, Albania hingga sampai di Greece. Perjalanan sebelumnya bisa dibaca disini.

Berangkat pagi hari dari Dubrovnik, Croatia menuju Bosnia cuaca cerah dan perjalanan pun lancar. Kami melewati jalanan di garis pantai yang berliku seperti ular, enak sekali naik motornya, pemandangannya pun bagus. Diperbatasan masuk ke Bosnia juga lancar, padahal sebelumnya kami khawatir akan ada masalah. Dari Bosnia kita masuk Croatia lagi dan dari Croatia kita masuk ke Bosnia. Jadi hari itu kami hanya keluar masuk perbatasan 3x lalu dari Bosnia kami masuk ke Montenegro. Baru dari Montenegro kami masuk Albania. Jadi singkatnya kami menginap di Dubrovnik 2 malam lalu hanya lewat Bosnia dan Montenegro. Selanjutnya kami menginap di Hotel Adriatik Dures, Albania tepat dipinggir laut Eonia. Tidak ada foto yang bisa saya upload pada saat di Bosnia, Montenegro dan Albania karena kamera saya tidak saya pakai, melainkan dengan kamera teman bikers lain.

Keesokan harinya kami melanjutkan perjalanan dari Dures, Albania menuju perbatasan Greece. Ada masalah kali ini. Rupanya saya lupa mengambil kembali passport di hotel Adriatik, Dures dan baru ingat waktu diperbatasan. Sampai diperbatasan sudah jam 4 sore dan kalau balik lagi motong jalan via high way jaraknya 250 km perlu minimal 3,5 jam perjalanan.

Setelah berunding kami putuskan saya dan istri saya menginap di hotel sederhana diperbatasan namanya Hotel Valentina. Kemudian kami meminta tolong kepada “Godmother” pemilik hotel untuk mengirim anak buahnya, George untuk mengambil passport saya dihotel Adriatik, Dures.

Malamnya setiap saya bangun saya terus mengecek apakan George sudah kembali atau belum. Syukur jam 3 subuh George mengetuk pintu dan membawa passport saya. Lalu keesokan paginya saya langsung melanjutkan perjalanan masuk perbatasan Greece dan bergabung dengan teman-teman bikers lain di Aristi Hotel.

Terima kasih Tuhan telah melindungi saya dan istri saya. Rupanya orang Albania ramah penolong dan bersahabat. Pada malam itu saat di hotel Valentina setiap orang Albania yang bisa basaha inggris pasti menyapa menanyakan ada masalah apa dan semua bilang jangan khawatir, semuanya pasti akan baik-baik saja. Waktu sadar bahwa passport saya tertinggal, untuk berapa detik rasanya jantung saya berhenti berdetak.

Itulah cerita perjalanan kami di Bosnia, Montenegro dan Albania. Sampai di Greece kami pergi ke beberapa tempat, nanti saya akan ceritakan di artikel berikutnya. Terimakasih sudah mengikuti cerita saya, silahkan tinggalkan salam sapa Anda pada kolom komentar dibawa.

Salam,
Alexander Lunardi

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*