Persiapkan ini sebelum Anda berangkat Touring 2


Bagi sebagian orang mengendarai sepeda motor memiliki kesan tersendiri, apalagi kalau sudah hobi, sejauh apapun juga bakal dilakoni bersama motor tercinta. Sebagai orang yang gemar roda dua, saya ingin sedikit berbagi tips kepada sobat rider mengenai persiapan touring, karena ternyata tidak semua biker sadar akan pentingnya persiapan menjelang perjalanan yang melelahkan tapi juga menyenangkan tersebut.

bintangbikers-siapinmotor– Pasatikan Kendaraan Sehat
Kondisi motor yang sehat sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. Pelumasan, kelistrikan dan semua komponen harus bekerja dengan baik. Jangan abaikan juga sistem rem dan kembangan ban karena ini sangat penting ketika keadaan memaksa kita untuk berhenti mendadak. Kembangan ban yang sudah tipis, mengakibatkan kendaraan tidak mendapat grid yang maksimal.

kotak-p3k
– Toolkit & P3K siap pakai
Tidak ada salahnya ketika akan melakukan motor touring, kita membawa toolkit standart seperti obeng plus minus, tang, kunci pas dan kunci busi. Perlu juga membawa part yang sekira nya ringan dan bisa menjadi alternatif sebelum ke bengkel terdekat, seperti ban dalam, bohlan depan dan sekring. Selain toolkit untuk motor, toolkit untuk pribadi juga perlu kita bawa sebagai P3K, terutama bila sobat biker punya alergi tertentu.

– Perlengkapan Pakaian Safety
Sebaiknya ketika kita melakukan perjalanan jauh gunakan safety wear, seperti celana touring, jaket, sepatu, pelindung siku, kaca mata, sarung tangan dan helm standar. Meski terbilang sepele, tapi setidaknya bisa melindungi kita ketika ada insident, seperti terjatuh. Bila kondisi cuaca kurang menentu, jangan lupa bawa jas hujan.

bintangbikers-pom– Ketahui Medan Perjalanan
Medan rute perjalanan penting untuk diketahui. Hal ini untuk persiapan apabila kita menemui masalah di perjalanan. Perlu juga mengetahui tempat- tempat istirahat, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel yang kemungkinan kita perlukan. Penggunaan GPS juga bisa kita manfaatkan untuk mencari alternatif jalan mencapai tujuan.

bintangbikers-badansehat– Kesehatan Badan
Melakukan touring sangat nyaman bila kondisi badan fit. Ada baiknya sebelum berangkat juga melakukan pemanasan untuk menghindari kram. Perjalanan jauh membutuhkan waktu yang tidak sedikit, jangan terlalu memforsir diri, baiknya istirahat setiap 2 jam perjalanan. Hal itu bisa membuat badan tidak terlalu lelah sehingga konsentrasi berkendara tetap stabil.

Selain hal- hal tersebut, pastikan surat- surat kendaraan lengkap dan selalu patuhi rambu- rambu lalu lintas. Berhati- hati ketika melewati keramain dan persimpangan jalan. Berkendara dengan aman baik untuk diri sendiri dan orang lain.
Semoga sedikit tips dari saya bisa membuat perjalanan sobat bikers sekalian menjadi lebih nyaman.
Happy riding brothers..


Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

2 pemikiran di “Persiapkan ini sebelum Anda berangkat Touring