[Tips Safety] Persiapan sebelum Perjalanan Jauh


munich stelvio (43)[dropcap color=”#000000″ font=”arial” fontsize=”20″]M[/dropcap]engendarai motor jarak jauh untuk sebagian orang merupakan suatu hoby. Tentunya hal ini membutuhkan beberapa persiapan baik fisik maupun kendaraan. Badan yang fit akan membuat perjalanan semakin asyik. Nah, disini saya akan share beberapa hal yang perlu seorang biker miliki agar berkendara lebih safety, baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitar kita.

  1. Memakai perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu dan celana panjang merupakan hal yang wajib. Perlu juga menggunakan pelindung siku. Semua perlengkapan yang kita gunakan berguna untuk melindungi pengendara dari segala kemungkinan yang terjadi di jalan raya.
  2. Tak cukup hanya safety wear, tapi control terhadap kendaraan juga penting agar perjalanan sesuai yang kita harapkan. Teknik berkendara seperti memindah gigi, mengerem, mengoperasikan panel- panel serta teknik zigzag untuk mendahului kendaraan lain sangat di perlukan. Kadang pengendara secara tiba- tiba menyalakan sein ketika akan berbelok, bukan dari jauh misal sekitar 50 meter sebelumnya, hal ini akan membahayakan pengendara lain. Mengerem mendadak dan teknik zigzag yang salah juga bisa membahayakan pengendara sendiri juga orang lain.
  3. Selain safety wear dan teknik berkendara, kendaraan sendiri juga perlu pengecekan sebelum digunakan. Beberapa point yang perlu di cek antara lain:

–          Periksa tekanan ban dan kembangan ban
–          Pastikan indicator dan lampu- lampu semua beroperasi dengan baik
–          Kualitas dan kuantitas oli
–          Indicator bahan bakar dan fisiknya, pastikan isi tangki sesuai dengan indikatornya
–          Tegangan rantai dan pelumasan rantai
–          Standart samping beserta per nya
–          Rem depan dan belakang
–          Periksa air collant dan reservoir (jika motor berpendingin cairan)

Tiga hal tersebut diatas belum cukup, karena juga harus dibarengi dengan selalu patuhi tanda-tanda lalu lintas yang ada setidaknya bisa mengurangi resiko kecelakaan.

Keep safety and happy riding…

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*